Kamis, 19 Januari 2017

SEJARAH ARTIFICIAL INTELEGENSI

Nama : Priatna Santoro
Kelas : 4PA13
NPM :16513914

A. Sejarah Artificial IntelligensI
 Sejarah Artificial Intelligensi dimulain Pada awal abad 17 seorang filsuf René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit.

Pada abad 18 mesin telah menjadi lebih kompleks, tepatnya pada tahun 1736 seorang penemu dari perancisPada tahun 1774 seorang penemu dari perancis, Pierre Jacques Drotz mencengangkan masyarakat Eropa dengan suatu automation berukuran sekitar seorang anak laki-laki yang dapat duduk dan menulis suatu buku catatan. Penemuan ini kemudian dilanjutkan dengan yang lainnya, yaitu automation yang berupa seorang gadis manis yang dapat memainkan harpsichord.

Pada tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio de Automatica di Madrid, Spanyol.

Beberapa tahun kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon. Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan “Principia Mathematica”, yang merombak logika formal Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas” pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam artificial intellegence. Program program artificial intellegence pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin “Ferranti Mark I” di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “Artificial Intelligence/kecerdasan buatan” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974.

Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang artificial intelligence dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997.

B. AI dengan kognisi manusia
Hubunagan AI dengan kognisi manusia dimana otak manuisa memiliki peran penting dalam perkembangan AI hingga saat ini, karena kecerdasan kognisi manusia dapat membuat AI yang nantinya akan dapat berfikir sendiri seperti manusia dan penelitian-penelitian seperti itu mulai dikembangkan hingga saat ini yang dimana nantinynya dapat membuat suatu sistem, aplikasi, atau program yang dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia dengan lebih baik, menggunakan perangkat mesin yang canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia dikehidupan nyata.

 Mesin berpikir
Beberapa area dari psikologi kognitif yang sudah menjadi subjek argumentasi yang lebih panas ketimbang perdebatan atas mesin yang mampu mensimulasi pikiran manusia. Orang yang fanatik terhadap AI, yang percaya bahwa tidak hanya mesin mampu meniru kognisi manusia secara persis, tetapi bahwa proses intelektual tingkat tinggi mampu menampilkan hanya oleh sebuah mesin. Pikiran manusia adalah murni proses, yang bahkan jika disintesis oleh mesin secara terpisah, tidak akan mampu diduplikasi oleh program-program AI.
Akantetapi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern hal yang tidak mungkin, bisa saja akan terjadi seperti yang diberitakan dibawah ini.

TEMPO.CO , Jakarta- Para ilmuwan di laboratorium rahasia milik Google, Google X, berhasil mengembangkan sebuah mesin yang mampu belajar secara mandiri. Dikutip dari situs teknologi The Verge, untuk membangun mesin ini tim Google X meniru otak manusia. Caranya dengan menyusun 1.000 komputer dengan 16 ribu core yang saling terhubung. Lalu, menghubungkannya dengan internet. Mesin tersebut kemudian 'disuapi' suplai gambar berukuran 200x200 piksel dari 10 juta video YouTube yang dipilih secara acak. "Dibanding membentuk tim riset untuk mencari tahu cara menemukan jawaban, kami memilih untuk melempar data berjumlah besar ke algoritma. Kami biarkan software secara otomatis belajar dari data tersebut,” ujarnya Andrew Y. Ng, ilmuwan komputer dari Stanford University yang memimpin riset ini. Hasilnya, mesin ini mampu mengenali konsep kucing, secara mandiri. Mesin ini tidak pernah diajari atau diberikan data mengenai wujud kucing. Namun setelah mesin ini menemukan obyek yang muncul secara berulang, komputer mulai mengembangkan pemetaan yang akan digunakan untuk mendeteksi obyek serupa. Hal ini disebut serupa dengan proses di korteks otak, namun terjadi secara cybernetic. Hasil riset ini berpotensi untuk meningkatkan hasil pencarian gambar, pengenalan suara, dan layanan alih bahasa. Namun tim riset saat ini belum terlalu yakin apakah hasil riset ini benar-benar telah membuka era mesin yang dapat belajar secara mandiri. “Akan sangat bagus bila kami dapat menggunakan algoritma yang sama untuk hal yang lebih besar. Tapi firasat saya, kami belum mendapat algoritma yang tepat," ujar Andrew.

C. AI dengan sistem pakar (Eliza, Parry, Nettalk)
a. ELIZA
Eliza adalah salah Sistem Pakar yang dikembangkan pada tahun 1966. Ini adalah program computer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis.
b. PARRY
Parry adalah Sistem Pakar yang dikembangkan di Stanford University oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, Hilf, Webber dan Kreamer pada tahun 1972 yang mensimulasikan seorang paranoid sebagai subjek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoid memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan respon manusia.
c. NETtalk
NETtalk program ini jenisnya cukup bebeda, berdasarkan pada jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk. Program ini dikembankan oleh Sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam program ini , NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.

D. Pengunaan AI sebagai expert sistem yang digunakan untuk mendukung sistem pengambilan keputusan (diagnosa)
Sistem yang berkinerja seperti seorang ahli disebut dengan sistem pakar. Sistem pakar adalah spesialis tiruan yang memecahkan masalah yang termasuk dalam keahliannya. Dirancang untuk memecahkan masalah dalam bidang kedokteran, hukum, aerodinamis, catur dan hal-hal rutin yang sangat banyak yang biasanya membosankan atau bahkan beberapa kasus yang sulit dipecahkan manusia. Sistem ini mengikuti aturan-aturan yang telah ada, yang seringkali menggunakan pohon keputusan, tetapi bagaimanapun sistem ini hanya bisa “memikirkan” satu hal saja. Sistem pakar dalam bidang kesehatan mungkin tidak bisa melihat isi dari sebuah lubang di lantai, tetapi ia bisa membuat diagnosis yang akurat dan masuk akal pada seorang gadis berumur 13 tahun yang sedang demam tinggi, sakit perut, dan konsentrasi menyimpang terkait korpuskel putih. Ada sebuah program yang secara sinis disebut Puff, adalah sebuah sistem ahli yang dirancang untuk mendiagnosa kelainan paru-paru, seperti kanker paru-paru, dan berhasil mencapai keakuratan sebesar 89% mendekati keakuratan seorang dokter berpengalaman.

 Contoh kasus :

 Banyak individu yang meninggal secara tiba-tiba yang sebabnya tidak diketahui contohnya seperti serangan jantung yang terkadang individu lali dalam memahami tanda-tandanya. Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh yang paling berbahaya bahkan disebut
sebagai pembunuh nomor satu, sampai-sampai penyakit ini disebut sebagai silent killer. Ini dikarenakan penderitanya tidak tahu sudah mengidap sakit jantung di tahap yang paling membahayakan. Menurut Dr Santoso Karo Karo SpJP, dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI), diperlukan deteksi dini terhadap kondisi jantung mengingat penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia. Tingkat prevalensinya sekitar 7 hingga 12 persen dari total penduduk Indonesia setiap tahunnya. Jika umumnya seseorang baru memeriksakan jantungnya ketika merasakan nyeri atau sakit pada rongga dada kirinya ke dokter di rumah sakit yang menyediakan alat ECG (electrocardiography). Alat EPI ECG (electrocardiography) Mobile, adalah sebuah alat pengukur detak jantung (ECG) yang bisa digenggam layaknya telepon seluler. “ECG genggam ini memiliki tingkat akurasi 98 persen dibandingkan dengan 12 lead ECG konvensional. Karena EPI ECG genggam adalah ECG genggam multi lead, single-chanel yang dapat merekam 3 limbs leads dan 6 chest leads satu per satu melalui komunikasi jaringan seluler,”. Oleh Karena itu disinilah peran AI sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari manusia yang berfungsi sebaga sarana pencegahan  ataupun pengobatan.

DAFTAR PUSTAKA

Solso (2007). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga : Jakarta.
https://m.tempo.co/read/news/2012/06/26/072413093/google-kembangkan-mesin-yang-bisa-berpikir. Diakses pada : 01/19/2016. Jam 11.00
http://www.beritasatu.com/kesehatan/106415-deteksi-dini-penyakit-jantung-dengan-ecg-mobile.html. Diakses pada : 01/19/2016. Jam 12.46

1 komentar:

  1. msport77 agen judi bola terbaik dan terpercaya.
    ada banyak game menarik yang bisa kalian mainkan seperti sportsbook, casino, slot online, dan poker.
    bergabung bersama kami, kalian akan diberikan banyak bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Withdraw
    - Bonus Turnover
    - Bonus Cashback dan masih banyak bonus - bonus lainnya!

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya di situs kami, msport77.

    BalasHapus