Senin, 18 November 2013

(BAB I )PENGERTIAN,TUJUAN ISD DAN IPS


1.1.      Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
A.    Pengertian ilmu social dasar
 ilmu social dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah manusia dan kebudayaan khusnya yang berada di indonesia. Dan  Ilmu sosial dasar juga salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah social didalam masyarakat yang menggunakan teori-teori (fakta,teori, konsep) dalam pencarian bukti-bukti dilapangan,  dan berasal dari beberapa bidang ilmu pengetahuan, yaiti: Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

·         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ada 2 pengertian.

1. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan)tertentu.

2. Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, danlain-lain.

·         Pengertian Sosial Menurut Beberapa Ahli

1.
LEWIS

Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga
negara dan pemerintahannya

2. KEITH JACOBS

Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas

3. RUTH AYLETT

Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi

B.     Tujuan ilmu social dasar
Tujuan dari ilmu social dasar adalah agar dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dan juga untuk mengembangkan kepribadian individu dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritis terhadap nilai-nilai budaya. Sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa seperti:
a.         Memahami fakta social yang terjadi dalam lingkungan mayarakat.
b.         Peka terhadap masalah social yang terjadi dilingkunganya dan ikut serta dalam mengatasinya.
c.          Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.

C.                3 kelompok ilmu pengetahuan
 Berdasarkan yang ada dari buku-buku besar yang dijadikan  sumber dan patokannya ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:
·         Ilmu pengetahuan alam

a.       Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dan ilmu pengathuan alam dibagi menjadi beberapa pecahan seperti
b.      Bilogi adalah yang mempelajari tentang mahkluk hidup seperti manusia,hewan,tumbuhan dan mempelajari organ-organ dalam mahkluk hidup demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap mahkluk hidup yang mempunyai banyak manfaat misalnya agar kita dapat mengetahui penyakit-penyakit yang ada didalam organ tubuh manusia dll.
c.       Kimia adalah ilmu yang mempelajari jenis-jenis bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari kimia mempelajari hasil yang diperoleh dari alam seperi emas, minyak bumi, garam, asam, batu bara, dan masih banyak lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan juga mengetahui hasil alam lainnya dengan itu bisa menemukan produk baru dari hasil percobaan yang nantinya akan berguna bagi manusia, hasil produk misalya seperti bensin yang digunakan manusia untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
d.      Fisika adalah  ilmu yang memepelajari skala perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam perhitungannya didalm proses perhitungannya fisika banyak menggunakan satuan dan juga masa jenis didalam kehidupan. ilmu fisika pun sangat lah banyak kuntunganya contoh:seperti dalam pembuatan pesawat terbang,pasti saat membuat pesawat terbang akan selalu menghitung tingkat kestabilan kerangka,kekuatan kerangka dan tekanan angin yang akan diterima tubuh pesawa dan itu dilakukan agar pesawat dapat terbang dengan stabil dan aman.

·         Ilmu pengetahuan sosial
ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama manusia dan didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu seperti: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya.
a.       Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari masa lampau dari ilmu ini kita dapat mengetahui tentang bagaimana cara kehidupan dimasa lalu yang berlangsung dari mulai cara mereka melangsungkan kehidupannya dari mulai alat-alat yang digunakan  mereka untuk melakukan kegiatannya, dan mengetahui cara berpikirnya dan pola berkembang.
b.      Geografi ilmu yang mempelajari tentang letak suatu daerah dan astronominya ilmu ini sangat berguna untuk menegathui letak-letak daerah dan gejala-gejala alam.
c.       Ekonomi adalah sebuah ilmu yang menggunakan perhitungan dalam menjalankan sebuah  kegiatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tepat.

·         budaya
Penjelasan  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari - hari dalam manusia.
1.2.         Iimu social dasar dan ilmu pengetahuan social
A. perbedaan antara isd dan ips

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai perbedaan diantaranya:

1.   Ilmu Sosial Dasar diberikan pada saat di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada saat di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.   Ilmu Sosial Dasar merupakan matakuliah tunggal, sedangkan IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
3.   Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pengetahuan dan keterampilan intelektual.

B.     Persamaanisd dan ips

 Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai persamaan diantaranya:
1.   Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan pendidikan/pengajaran.
2.   Keduanya bukan ilmu disiplin yang berdiri sendiri.
3.   Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. 
1.3.ruang lingkup ISD
A. 3 golongan bahan pengajaran ISD
 Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan nilai penduduk/masyarakat yang bertempat di satu wilayah/ Negara yang dapat menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang berada di sekelilingya dengan cara bersosialisai,yang terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu: (fakta, konsep, dan teori) nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial ,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.disetiap masalah pasti ada jalan keluarnya bagaimanapun itu caranya pasti ada saja yang menemukannya, melihat dari adanya fakta, maka dari itu didalam Ilmu sosial dasar terdapat tiga golongan bahan pelajaran seperti dibawah ini.
  1. Nilai yang menjadikan sebuah masalah masyarakat yang menjadi keprihatinan publik yang harus segera diselesaikan karena apa bila tidak diselesaikan keributan tersebut akan  ke wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu maka akan merusak lingkungan tersebut.
  2. Menangani sebuah permasalahan yang timbul akibat disengaja  atau pun tidak disengaja kita harus bisa mempelajari masalah tersebut agar tidak muncul masalah yang sama dengan tingkat kerumitan yang berbeda.
  3.  Sesuatu yang keterkaitannya dengan masalah yang berhubungan dengan masalah yang satu dengan masalah yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah untuk mencari sumber masalahnya apa bila semuanya memiliki  keterkaitan dalam sumber yang sama.






                                       Daftar pustaka
http://buntokhacker.wordpress.com/materi-pemelajaran/sosial/pengertian-dan-definisi-sosial-menurut-para-ahli/

2 komentar: